INOVATIF DAN KREATIF
Sunting : Septino
Kewirausahaan/kewiraswastaan
pada dasarnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan
dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. Secara
ekstrim wirausaha didefinisikan sebagai seseorang yang dapat mengubah sampah
menjadi emas. Kata wiraswastawan/wirausaha (entrepreneur) dikenalkan oleh
Joseph Schumpeter seorang ahli ekonomi berkebangsaan Austria pada tahun
1883-1950. Schumpeter berpendapat bahwa proses perubahan ekonomi pada dasarnya
dipengaruhi oleh perilaku tiap-tiap pribadi yakni sang entrepreneur sendiri
sebagai pelaku usaha. Oleh karena itu kewiraswastaan/kewirausahaan
(entrepreneurship) selalu mencari hal-hal yang baru sebagai tantangan untuk
berubah dan dengan perubahan tersebut dimanfaatkan sebagai peluang.
Kreatif
Zimmerer
Kreativitas
adalah kemampuan dalam mengemabngkan gagasan maupun cara baru untuk melihat.
Baik mencakup masalah maupun kesempatan. Selain itu, pemikiran yang kreatif pun
memiliki hubungan langsung terhadap penciptaan lain, peluang baru, dan
penambahan nilai.
Frinces
Kreativitas
merupakan daya cipta. Dimana daya ini memberikan suatu pondasi kuat dalam
mengembangakn sebuah usaha. Dengan
adanya kemauan yang kuat, maka akan menciptakan sesuatu yang bersifat baru.
Contohnya, jasa baru, organisasi baru, dan produk
baru. Selain itu, mampu menciptakan cara
baru dalam mengambil sebuah keputusan
dan memicu seseorang untuk berpikir kreatif.
Inovatif
Drucker
Inovasi adalah alat yang spesifik bagi sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan inovasi dapat memanfaatkan atau mengeksplorasi perubahan yang terjadi. Bahkan dapat mengubahnya menjadi suatu kesempatan untuk menjalankan bisnis berbeda.
Menurut
Suwarno
Inovasi
adalah konsep, penerapan objek atau benda, dan pendapat yang dilandasi oleh
suatu hal yang baru bagi seseorang maupun komunitas. Sehingga nantinya dapat
diterapkan . Pasalnya, keberhasilan sebuah usaha itu dilandasi dengan gagasan
maupun ide yang inovatif. Selain itu, untuk memperoleh inovasi dibutuhkan waktu
yang tidak sedikit.
Dewi
Setyanti
Meneliti
tentang pengaruh kreativitas dan perilaku inovatif terhadap keberhasilan usaha
industri kecil melalui motivasi usaha sebagai variabel mediasi. Menurutnya,
kewirausahaan merupakan sikap, jiwa, semangat mulia pada diri seseorang yang
inovatif, kreatif, berupaya untuk kemajuan pribadi dan masyarakat.
Seseorang
yang mempunyai perilaku inovatif adalah orang yang sikap kesehariannya adalah
selalu berfikir kritis, berusaha agar selalu terjadi perubahan di lingkungannya
yang sifatnya menuju pembaharuan dari tradisional ke modern, atau dari sikap
yang belum maju ke sikap yang sudah maju dan diupayakan agar perubahan itu
memiliki kegunaan atau nilai tambah tertentu. Orang yang berperilaku inovatif
akan selalu berupaya agar melakukan upaya pemecahan masalah dengan cara yang
berbeda-beda dengan biasanya tetapi lebih efektif dan efisien (Sujarwo, 2017).
Seorang
wirausaha harus memiliki pengetahuan, kemampuan dan kemauan, ketiga konsep ini
saling mengisi dan memiliki keterkaitan satu sama lain. Pengetahuan yang harus
dimiliki oleh wirausaha, yaitu pengetahuan mengenai usaha yang harus
dimasuki/dirintis dan lingkungan usaha yang ada, pengetahuan tentang peran dan
tanggungjawab, pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis. Sedangkan
ketrampilan yang harus dimiliki wirausaha diantaranya adalah ketrampilan
konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan resiko, ketrampilan
kreatif dalam menciptakan nilai tambah, ketrampilan dalam memimpin dan
mengelola, ketrampilan berkomunikasi dan berinteraksi, ketrampilan teknik usaha
yang akan dilakukan (Sandiasa, 2009).
Faktor perilaku inovatif pada menurut Koutstaal & Binks, (2015) disebabkan karena faktor lingkungan, otak, pikiran dan pemikiran dimana pikiran dan pemikiran mencakup lebih dari memori dan pengetahuan; pada penginderaan, perasaan, niat dan motivasi untuk tindakan; kemudian merujuk pada empat konstituen itu dari pemikiran sebagai konsep, persepsi (proses mengetahui atau mengenali objek dan kejadian objektif dengan bantuan indera), emosi, dan motivasi/tujuan.
THE CREATIVITY CREATS
MONEY. Kira-kira maknanya adalah kreativitas itu bisa
menciptakan uang. Jadi kalau kita ingin uang, maka kreatiflah. Jangan diam,
jangan pasif, jangan menunggu diperintah orang lain. Jadilah orang yang
memiliki banyak prakarsa (personal engineering). Prakarsa memang bukan sesuatu
yang mudah tetapi bukan pula sesuatu yang tidak mungkin. Penulis sering
didatangi anak-anak muda yang berprofesi sebagai sales. Ada yang menawarkan
pigura foto, rak tempat barang-barang, ikat pinggang model baru dan lain-lain.
Penulis perhatikan satu per satu item barang itu dan akhirnya beli juga karena
di samping memang butuh juga menghargai kreativitas pembuatnya. Dalam kehidupan
sehari-hari kita bisa melihat berapa banyak komoditas yang dipamerkan dalam
eksibisi berasal dari bahan-bahan yang tadinya sama sekali tidak berguna bahkan
dibenci orang gara-gara mengotori lingkungan. Eceng gondok yang tumbuh sangat
cepat di sungai-sungai atau saluran memang sangat mengganggu saluran dan bahkan
menjadi musuh orang karena menyumbat aliran air. Orang pun agak kewalahan untuk
mengenyahkan karena pertumbuhannya sangat cepat. Dengan kreativitas orang,
eceng gondok sekarang bisa dibuat tas setelah bahan diolah sedemikian rupa.
Ternyata tas dari eceng gondok banyak diminati konsumen karena desainnya yang
bagus dan menarik. Dengan demikian, eceng gondok yang dulunya dibuang orang
sekarang dicari-cari. Ini adalah sebuah keajaiban kreativitas. Limbah lain yang
sangat merisaukan adalah kaleng-kaleng bekas yang jumlahnya tak ketulungan
sampai-sampai dunia khawatir akan penuh dengan kaleng: Kaleng-kaleng yang
dibuat pabrik dari berbagai jenis dan ukuran memang menjadi permasalahan
tersendiri bagi lingkungan mengingat kaleng-kaleng tersebut bukan barang yang
cepat busuk bahkan ini termasuk barang tidak bisa busuk.
Sumber :
Kardimin,Akhmad.Menumbuhkan
jiwa wirausaha.Yogyakarta;Pustaka pelajar,2004
Sunarta.Berfikir
Kreatif dan Inovatif.Bandung;Bandung press,2016
Amalya,Iffah Dewi.Perilaku
Inovatif pada Mahasiswa yang berwirausaha.Surabaya;UIN Ampel,2019
Dewi,Nur.Teori
Kreativitas dan Inovasi.Malang;Bacaan Umum,2022
Komentar
Posting Komentar