REFORMASI PROTESTAN



 Sunting : Rizky septino

A. Faktor-Faktor Terjadinya Reformasi Protestan

Gerakan reformasi protestan yang di pelopori Martin Luther, John Calvin,Zwingli, John Knox dan lain-lain berdampak luas terhadap sejarah pemikiran sosial, keagamaan, politik dizaman tersebut.Gerakan ini pada awalnya adalah sebuah pemrotestan dari kaum bangsawan dan penguasa jerman terhadap kekuasaan imperium katolik Roma. Akan tetapi pada perkembangan berikutnya, gerakan ini memiliki konotasi lain, yaitu dianggap dengan identik dengan semua gerakan dan organisasi yang menetang kekuasaan paus di Roma. Ada beberapa faktor penyebab dan latar belakang munculnya gerakan Reformis Protestan, antara lain :

1. Produk perlawanan terhadap gereja katolisisme

2. Terjadinya perkembangan Kapitalis medan Krisis-krisis ekonomi dikawasan imperium Roma.

3. Penarikan Pajak-pajak yang memberatkan

4. Kebangkitan nasionalisme di Eropa

 Berikut faktor-faktor terjadinya reformasi protestan:

a. Pertikaian tentang pengampunan dosa

Penjualan terhadap surat penghapusan dosa ditukar dengan 10.000 uang keping emas. Hal inilah yang menjadi sebab terjadinya reformasi. Disini martin luther melihat dan mengamati secara seksama, bahwa terjadinya jurang perbedaan antar dirinya dengan gereja resmi.Melihat kenyataan tersebut,makaluther melakukan perlawanan terhadap kebiasaan tersebut. Tatkala umat datang mengakui dosanya dan menutut penghapusan dosa berdasarkan suratin duelgensia Tetzel,makaluther memutuskan untuk melakukan perdebatan umum, terhadap masalah pengampunandosa,Karenawaktu itu belum ada,ediaatau majalah theologia.

Seperti terdapat pada dalil penyesalan yang sungguh-sungguh mencari siksa-siksa dan menyukainya. Jauhlebih baik member surat penghapusan dosa, tidak dapat diampuni olehnya dan paustak berkuasa atas api penyucian.

b. Hak dan kuasa paus

Berdasarkan al-kitab dan teologi dari bapa-bapa gereja, timbullah kenyakinan dalam diri luther, bahwa paus merupakan misius palsu atau antikrist. Luther menumpukan pemikirannya anti pada paus, karena paus telah melakukan pengesahan, atau pembenaran terhadap perbuatan rendahtersebut.Terjadilah suatu perdebatanan ataralutherdenganeck di liepzig, dalam perdebatan tersebut pangkat dan jabatan paulus diperbincangkan secara detail. Luther membantah kurialisme dan memihak kepada orang-orang konsilianisdari abad ke XV. Namun ia menyadari dan mengakui bahwa, konsilipun tidak sempurna dan mudah tersesat.Akhirnya luthe rmenyatakan bahwahanyaal-kitab yang dapat menjadi ukuran dan patokan bukan pausatau melalui konsili.

Dalam hal ini luther mengajarkan kaisar dan raja-raja untuk membaharui gereja. Disamping itu, ia juga mengejar paraimamat dan orang-orang percaya.Ia melawan selibat, filsafat aristotelesselaku dasar theologia Kristen. Soal riba, pemerasan dan kemesuman padaklerus roma, kuasa duniawi gereja dan lain sebaginya.

Luther juga menerbitkan Kitab tentang Pembuangan Babeluntuk Gereja. Didalam kitab tersebut Ia mengemukakan suatu ajaran sakramen baru.Dari tujuh sakramen Gereja Roma, Luther hanya mengakui tiga sakramen, yaitu Babtisan, Perjamuan Kudus dan pengakuan dosa, ia menolak kebiasaan, bahwa orang awam, bahwa orang awam tidak boleh menerima cawananggur dania melawan keras ajaran transsubtansi dan pandangan salah, bahwa Kristus dipersembahkan pula dalam Missaselaku korban dari pihak jamaat, karena perjamuan Kudusitu bukanlah suatu usaha manusia, melainkan suatu kurnia Tuhan.

Membaharui segenap hidup orang-orang kristen.Iman itu membenarkan kitadihadapan Tuhan dan menjadi sumber dari segala amalan dan kebajikan.

c. Soal Perkawinan rahib

            Dalammasalahiniluthermemberikansokongan,yangdikemukakandalamkaryanya. Pengikut-pengikut luther mulai melahirkan ajaran baru dalam prakteknya diwittenberg. Pertama-tama raja membubarkan semua biara, kaarena usaha dan cita-cita tidak sesuai dengan injil. Banyak rahib laki-laki dan perempuan keluar dari biara kemudian menikah

d. Pertikaian tentang perjamuan kudus

Zwingli diyakinkan oleh suatu karangan Cornelius Hoen, bahwa perjamuanKudusharus diartikan secara kiasanataulambang. Lutherme mpertahankan bahwa Rotidan anggur benar-benar mengandung tubuh dan darah Kristus. Zwingli, memandang perjamuan kudus sebagai suatu hidangan persaudaraan dan peringatan dari jamaat Kristen yang disadarkan tentang milik dan tugasnya. Luther tidak suka mengadakan perserikatan dengan suatu golongan,yang pada hemat nyaha nya menghina sakramen kudus. Luther tidak berkenan menjelaskan tentang bagaimana Kristus hadir didalam perjamujan Kudus. Lutherhanya menuntut semua umat mengakui tubuh dan darah Kristus hadir di dalam Perjamuan Kudus. Namun PendapatLuther ditolak oleh Zwingli, karena hal itu masih berbau ajaran Katolik Roma, yang demikian tidak persesuaian pikiran.

e. Keimanan al-kitab

Gereja Protestan hanyamempercayai dan menggunakan Kitab. Kitab-kitab yang dianggap gereja Katolik (Kitab-kitab Deoterokanonika) tidak dianggap Kanonik oleh Gereja Protestan.Para Reformator Sepakat bahwa kitab Apokrip tidak menjadi bahagian dari Al-Kitab dan Luther juga menolak surat Yakobus dari KanonAl-Kitab, karena kurang mengarah secara eksplisit pada Kritus. Mereka mengajarkanbahwa Al-kitab diilhami menurut bahasa-bahasa asli Ibrani dan Yunani, bahwa semua keyakinan dan tradisi Kristen seharusnya tunduk dibawah otoritasnya. Pada waktu

Yang sama Al-Kitab merupakan dasar bagi pengajaran mereka sehingga Al-Kitab harus tersedia dalam bahasa daerah jemaat supaya orang dapat membacanya.

B. Tokoh- tokoh pergerakan reformasi protestan

1. Marthin luther

Ia adalah anak seorang petani dari suami-istri hans dan margareth luther, ia di lahirkan pada tahun 1483, di kota tambang eisleben, saxon, jerman. Luther masuk Ordo Santo Agustinus di Enfurt pada tahun 1505.Bagi Maartin Luther hakekat agama berletak pada pengalaman batin terutama mistik dan tidak dapat di edarkan pada orang lain. Adapun penyimpangan-penyimpangan gereja yang dilihat oleh Luther, dan pemikiran-pemikirannya mengenai Reformasi,

2. Erasmus Desederius Roterodamus

Adalah seorang humanis yang terkemuka dan merupakan perintis Reformasi. Karyanya edisi perjanjian Baru diterbitkan pada tahun 1516 dalam Bahasa Yunani mendorong reformasi Luther. Erasmus dilahirkan 27 oktober 1466. Ia tinggal dalam biara Augustinus selama 5 tahun (1486-1491).2 Pada waktu selama itu ia menulis sejumlah puisi dan karangan prosa dan lain. Dalam tulisannya sudah tampak kritiknya pada kekuasaan gereja.

Erasmus adalah seorang tokoh yang berjasa bagi gerakan reformasi gereja yang dipimpin oleh Luther. Luther menggunakan edisi baru bahasa Yunani yang dikeluarkan oleh Erasamus. Erasamus juga mengeritik keburukan-keburukan yang ada di gereja dan menasahati paus supaya mengambil tindakan-tindakan pembaharuan gereja. Hingga tahun 1524 Erasamus bersimpati pada reformasi Luther.

3. Zwingli

Huldrych (atau Ulrich) Zwingli lahirdiSwiss, 1Januari 1484 adalahpemimpin Refo rmasi Swiss, dan pendiri Gereja Reformasi Swiss.Reformasi Zwingli didukung oleh pemerintah dan penduduk Zürich, dan menyebabkan perubahan-perubahan penting dalam kehidupan masyarakat, dan urusan-urusan negara di Zürich. Gerakan ini, khususnya, dikenal karena tanpa mengenal kasihan menganiaya kaum Anabaptis dan para pengikut Kristus lainnya yang mengambil sikap tidak melawan. Reformasi menyebar dari Zürich ke lima kanton Swiss lainnya, sementara yang lima lainnya berpegang kuat pada pandangan iman Gereja Katolik. Zwingli terbunuh di Kappel am Albis, dalam sebuah pertempuran melawan kanton-kanton Katolik.

4. John Calvin (1509-1564)

Yohanes Calvin atau John Calvin lahir di Noyon, Kerajaan Perancis, 10 Juli 1509 Swiss. Ia adalah teologKristen terkemuka pada masa Reformasi Protestan yang berasal dari Perancis. Seorang pemimpin Reformasi Gerakan Gereja di Swiss. Merupakan generasi kedua dalam jajaran pelopor dan pemimpin reformasi gereja abad ke-16 peranannya sangat besar dalam gereja-gereja reformatoris. Gereja- gereja yang mengikuti ajaran tata gereja yang digariskan Calvin tersebar. Dikenal dengan gereja Calvinisme. Sebagai pelopor Reformasi Gereja, ia menyebarkan gagasan-gagasannya tentang bagaimana Gereja Reformasi yang benar itu ke banyak bagian Eropa. Calvinisme menjadi sistem teologi dari mayoritas Gereja Kristen di Skotlandia, Belanda, dan bagian-bagian tertentu dari Jerman dan berpengaruh di Perancis, Hongaria khususnya di Transilvania dan Polandia.

5. john knox

Lahir sekitar tahun 1513 di Haddington.Ia belajar di Universitas St. Andrews lalu ditahbiskan menjadi imam Katolik tahun 1536 dan menjadi seorang notaris kepausan tahun 1540. Ia adalah salah seorang tokoh yang memengaruhi gerakan reformasi di Skotlandia.Ia merupakan salah satu murid Calvin di Jenewa, sehingga pengaruh teologi Calvinis sangat kental dalam dirinya. Menurut Knox, kekristenan dan kemerdekaan nasional harus dapat ditemukan bersama, karena keduanya merupakan suatu pergumulan yang dapat diselesaikan bersama.

6. John Wycliffe

lahir 1324 adalah seorang pengajar di Universitas Oxford, Inggris, yang dikenal sebagai filsuf, teolog, pengkhotbah, penterjemah dan tokoh reformasi Kristen di Inggris.Ia dikenal melalui karyanya menerjemahkan Alkitab dari bahasa Latin ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1382, yang dikenal sebagai "Alkitab. Wycliffe". Karya inilah yang mempengaruhi terjemahan-terjemahan Alkitab kemudian. Pada tahun 1371 doktrin-doktrin Wycliffe mengenai kekayaan gereja dianggap cocok bagi pemerintah sekuler saat itu, sebab gereja sangat kaya dan memiliki kurang lebih sepertiga dari seluruh tanah di Inggris. Namun demikian, gereja masih menuntut kebebasan pajak dari pemerintah.Doktrin-doktrin Wycliffe dipakai untuk memaksa para rohaniawan yang segan membayar, sehingga dengan begitu pemerintah dapat membiayai perang yang mahal melawan Prancis.

C. Dampak protestan terhadap sejarah dunia

Pada masa itu memang gereja memiliki peran yang sangat kuat terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakatnya. Bahkan praktik indulgensi atau prosese penghapusan dosa tertuang dalam katekimus gereja katolik 1471. Dengan segala keadaan tersebut yang telah berlangsung lama, reformasi gereja pastinya memberikan dampak yang mempengaruhi banyak sector bahkan mengakibatkan konflik,kerusuhan dan juga perang yang memakan korban jiwa.

Dampak reformasi protestan juga berhasil menerjemahkan alkitab ke berbagai bahasa sehingga pemaknannya tidak hanya di pegang oleh satu pihak. Selainitu, reformasi gereja seperti lutherisme, calvinisme, evangelis, angilika, methodis, pentakosta, dan lain sebagainya. Hingga saat ini, populasi masyarakat dunia yang menganut kepercayaan protestan berjumlah560 juta pada tahun 2017. Setiap tanggal 31 oktober diperingati sebagai reformasi gereja untuk berbagai aliran gereja protestan, khususnya Lutheran. Pengaruh reformasi gereja adalah untuk menumbuhkan benih benih demokratis politik dan ksadaran individual terhadap pentingnya hak-hak politik serta kebebasan individu sehingga menjadi pondasi keberanian untuk masyarakat untuk melawan kekuasaan yang semena-mena. Kejadian ini juga mengakibatkan katholik roma menjadi 2 agama yang sekarang dikenal dengan agama Kristen katolik dan agama protestan. Perbedaan dua agama ini terletak di tatanan gereja atau liturgy dan beberapa kepercanyaan

a. Pengaruh protestanisme di dunia modren

• Pengaruh terhadap nasionalisme

Protestanisme akhirnya menjadi kepercanyaan manyoritas di seluruh eropa barat laut dan inggris dan amerika yang berbahasa inggris. Pada abad ke 19, para misionaris dari daerah-daerah tersebut menyebarkan protestanisme ke seluruh dunia. Kehadiran asia dan afrika dan amerika latin yang sebagian besar katolik, tidak mungkin memisahkan protestanisme dari sejarah umum Negara-negara atlantik utara, terutama di amerika utara. Dimana ia berdiri kokoh selama berabad-abad dan dimana gereja-gerejanya masih memainkan peran penting.

• Pengaruh reformasi gereja bagi masyarakat dunia

Reformasi Gereja tidak berjalan mulus.Reformasi Gereja mendapat tantangan di kalangan umat Katolik.Pihak yang menentang Reformasi Gereja menamakan gerakannya dengan sebutan gerakan Kontrareformasi.Gerakan Reformasi Gereja mengakibatkan wilayah Eropa terbagi menjadi dua bagian.

Sumber : 

Argoniodide, agama Kristen protestan

Perry marvin. 2012, peradaban barat dari zaman kuno sampai zaman pencerahan. Bantul kreasi wacana

Jostein darder, dunia sophie, pt. mizan pustaka, 2010

Dr. hj bekhof, sejarah gereja, pt. bpk gunung mulia Jakarta, 2004

Sundoro, Muhammad hadi. 2007, dari renaisans sampai imperialism modern sejarah peradaban barat modern, jember: university press

Sang misionaris, sejarah masuknya Kristen ke Indonesia dan perseteruannya

Zakaria j. ngelow, op. cit.

Anhar gonggong,mgr alberetus seogijapranata sj: antara gereja dan Negara, (Jakarta; grasindo 2012)


Komentar

Postingan Populer